- Karburator
Karburator sering kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah sulit untuk hidup terkadang
pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelang yang mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi Penyelesaiannya:
- Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
- Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar.
- Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini.
- Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik.
- Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi.
- Pengapian
Permasalahan dalam pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, susah starter motor biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. penyelasaiannya:
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
- Motor macet tidak bisa starter
Ini adalah suatu trouble mesin yang lebih fatal biasanya hal ini terjadi di kerenakan lakher atau BEARING ada yang rusak, stang sekher atau CONECTING ROOD rusak, ring sekher patah, sekher atau PISTON tidak layak pakai, perangkat di gear bok ada yang patah, PER GIGI PRIMER rontok, PLAT KOPLING yang sudah tidak layak pakai. GIGI STATER ompong atau rontok. Proses penyelesainnya harus turun mesin dan kita harus bongkar semua perangkat mesin agar lebih mudah pengecekan nya. Apabila dalam pengecekan perangkat ternyata ada yang rusak lebih baiknya kita ganti dengan yang baru, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa saja nanti terjadi di dalam kita mengoprasikan kendaraan
kita di jalan.
- Motor tidak nyaman di kendarai atau goyang
Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan.
Cara mengatasi nya :
cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Bila terjadi keropokan pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi notaor tiba tiba patah. Cek kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shokbreker juga MOUNTING sok blakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti. Cek SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik pernya atau sok wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.
- Rem
Periksa kabel rem secara berkala sebelum anda mengendarainya, Kekuatan pengereman pada vespa hanya mengandalkan pada seutas kawat / kabel rem. Jadi anda harus berhati-hati sebelum mengendarai vespa wajib anda cek apakah rem berfungsi dengan baik atau tidak, jangan sampai keteledoran anda membahayakan jiwa anda dan terutama pengendara lainnya.
- Oli Samping
Beberapa jenis vespa sudah menggunakan boks atau wadah tempat oli samping yang secara otomatis mengisi. Ada juga yang pencampuran bensin secara manual. Untuk pencampuran secara manual sebaiknya anda selalu membawa gelas ukur agar takaran oli samping pas ( tidak dengan Perkiraan ) karena campuran bensin dengan oli ini cukup berpengaruh pada mesin vespa. Lain halnya dengan yang sudah dilengkapi wadah / tangki oli samping yang akan mengisinya secara otomatis. Akan tetapi anda perlu mengecek apakah selang oli samping tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Gunakan satu jenis / merk oli samping saja jangan bergonta ganti merek karena akan berpengaruh pada mesin.
- Roda
Periksa roda dan kekencangan mur / baud roda sebelum anda menggunakan jangan sampai Roda terlepas. Roda vespa hanya mengandalkan 4 mur / baud pengencang berukuran 12 atau 13. Dengan rodanya yang kecil dan suspensinya tidak seperti motor lainnya sangat memungkinkan mur / baud mengendor dengan sendirinya dan dapat terlepas tiba - tiba, "Jangan lupa bawa roda cadangan untuk berpergian jarak jauh".
- Kopling
Periksa kampas kopling secara berkala, terutama jika stationer mesin sudah tidak nyaman lagi. Permasalahan yang sering terjadi kopling tidak masuk netral jika di cengkeram, ada beberapa hal yang mungkin terjadi. Salah satu diantaranya adalah setelannya sudah mulai kendor. Setel ulang kopling sampai mesin benar-benar netral ketika masuk gigi dan kopling di cengkeram. Apabila masih belum juga mau masuk ke netral sebaiknya ganti kampas kopling anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar